Welcome

Jumat, 13 Juni 2014

Membuat Tempat Pensil dari Bahan Bekas

Diposting oleh Unknown di 00.32
Seperti yang kita ketahui kertas merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dalam bidang pekerjaan terutama perkantoran. Dengan adanya kertas, kita dapat memberikan informasi mengenai kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan juga pendidikan. Namun seringkali kita lihat banyak tumpukan kertas yang tidak terpakai lagi berserakan di pinggir jalan.

Seperti halnya saja bekas kemasan tissu toilet. Ketika barang yang digunakan yakni tissu telah habis, maka banyak orang akan memilih untuk membuang kemasannya karena dianggap sudah tidak bisa digunakan lagi. Padahal jika kita memiliki seni, maka barang bekas dan tidak berharga pun bisa menjadi sesuatu yang unik bahkan bisa menjadi bisnis dalam kerajinan tangan.

Kali ini kita akan membuat tempat alat tulis namun kali ini kita akan membuatnya secara unik. Ingin tahu seperti apa? Yuk kita lihat alat dan bahan yang harus disiapkan seperti:

· Kemasan tissu bekas toilet
· Kacang-kacangan / biji-bijian berwarna putih
· Lem panas
· Cat akrilik berwarna kuning
· Kain flanel berwarna hijau
· Gunting

Cara pembuatan

1. Bersihkan bagian luar kemasan tissu toilet dari sisa-sisa serat kertas tissu agar memudahkan tahap pengeleman. Setelah dibersihkan, olesi bagian luar kemasan tissu toilet dengan lem panas yang telah disediakan. Olesi lem secukupnya agar kertas tidak rusak akibat panasnya lem. Cara pengolesan bisa dilihat di link berikut. Jangan berikan lem ke semua permukaan kemasan. Olesi ke setengah bagian dari kemasan.

2. Jika sudah, sekarang ambil kacang-kacangan atau biji-bijian yang telah di siapkan dan tempelkan kacang tersebut ke bagian yang telah dipasang lem. Susunlah kacang tersebut supaya lebih rapi dan tidak ada celah pada setiap sisinya. Untuk cara menyusun kacangnya, silahkan anda dapat melihat gambar berikut.

3. Ketika bagian setengah sudah, lalu lanjutkan dengna bagian setengahnya lagi dnegna cara menaburkan lem panas secara perlahan dan merata untuk menghindari panasnya lem yang bisa melukai kulit anda. Lakukan hal yang sama pada langkah ke 2. Jika sudah, diamkan selama beberapa menit agar lem dapat merekat kuat pada kacangnya.

4. Setelah itu, ambil cat akrilik berwarna kuning yang telah disiapkan dan warnai seluruh sisinya hingga kacang - kacangnya berwarna kuning. Usahakan cat secara merata pada setiap sisi permukaan luarnya. Jika sudah diamkan selama beberapa menit agar cat segera kering.

5. Sekarang kita beralih ke bagian kain flanelnya. Potong kain flanel berbentuk daun dengan ukuran yang sesuai kemudian buatlah sekitar 7 - 8 lembar daun dari kain flanel dan ditempelkan pada bagian bawah kemasan tissu toilet yang telah diberi penutup pada bagian bawahnya. Beri lem dan tempelkan seperti pada gamabr berikut

6. Jika sudah, tunggu hingga lem kering dan masuk kedalam permukaan kain. Setelah itu, buatlah ujung daun pada tiap lembar mengembang seperti pada gambar. Nah, jadilah tempat peralatan tulis berbentuk jagung.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari opencrafblog.com) - See more at: http://www.kesekolah.com/tutorial/lain-lain/membuat-tempat-pensil-berbentuk-jagung.html#sthash.3bDuSRfP.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saleha's blogger © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor