Welcome

Jumat, 13 Juni 2014

Membuat Tempat Benang dari Bahan Bekas

Diposting oleh Unknown di 00.37
Ketika salah satu pakaian anda mengalami kerusakan seperti robek, apakah yang anda lakukan supaya pakaian yang robek dapat diperbaiki? Ya, dengan cara dijahit. Pada jaman modern ini cara menjahit kini sudah memakai mesin jahit. Selain hemat tenaga juga efisien terhadap waktu. Namun cara lama dalam menjahit yakni dengan menggunakan tangan masih dilakukan oleh beberapa orang.

Namun seringkali kita menelantarkan gulungan benang jahit setelah kita menggunakannya apalagi jarum di gulungan benang. Akibatnya bisa saja tangan secara tidak sengaja tertusuk oleh jarum dan warna dari benang menjadi pudar.

Oleh karena itu, kita harus membuat tempat penaruh benang. Namun kali ini tempat benang ini akan dibuat unik. Ingin tahu bagaimana membuatnya? Yuk kita simak cara-caranya berikut ini.

Alat dan bahan

· Tabung kaca bekas selai
· Kayu kecil berbentuk tabung dengan diameter 1 cm (tutup botol wine)
· pelubang logam
· Gunting
· Lem tembak
· Kuas dan cat berwarna
· Cutter

Cara pembuatan:

1. Sekarang buka tutup tabung selai dan lubangi permukaan tutup selai dengan menggunakan pelubang logam. Pelubang logam bisa dibuat dengan meruncingkan bagian ujungnya. Setelah itu potong menjadi 2 bagian pada kayu berbentuk tabung yang telah disiapkan dalam pembuatan ini.

2. Jika sudah melubangi tutup kemasan tabung selai, sekarang anda dapat menyiapkan kuas dan cat berwarna untuk memberikan warna pada seluruh permukaan kemasan tabung selai. Anda bisa memberikan warna yang diinginkan. Digambar, kita menggunakan warna hitam dan putih.

3. Setelah diberikan warna, tunggulah hingga cat mengering pada permukaan. Setelah mengering. Ambil lem tembak yang telah dipanaskan sebelumnya kemudian beri lem pada kayu yang telah dipotong menjadi 2 bagian tersebut. Tempatkan pada bagian bawah. Untuk penempatannya bisa dilihat pada gambar berikut.

4. Jika sudah, diamkan hingga beberapa saat sampai lem panasnya merekat kuat di bagian bawah tabung selainya. Setelah itu, berilah warna yang selaras dengan tabung selainya. Misalnya jika tabung selai berwarna hitam, berilah kayu tabung berwarna hitam juga.

5. Jika sudah, sekarang kita akan membuat wajah dari tempat penyimpan benang ini dengan karikatur yang lucu. Supaya anda bisa membuat wajah yang sama seperti gambar, anda dapat menggunduh klise wajahnya disini. Setelah itu, pilihlah gambar wajah yang menarik bagi anda.

6. Setelah itu, anda dapat merias wajahnya dengan mengikuti gambar yang telah diunduh tadi dengan menggunakan cat yang disediakan. Gunakan cat akrilik untuk mengambar wajah dari tempat penyimpan benda tersebut. Jika sudah, diamkan selama beberapa saat hingga cat mengering.

7. Kemudian setelah catnya sudah kering, buatlah telinga pada tabung selai tepatnya di belakang kepala. Untuk posisinya anda dapat melihatnya pada gambar berikut. Berilah lem pada sisi tutup tabung selai sehingga memudahkan untuk ditempel. Anda dapat menggunakan kain flannel untuk telinganya.

8. Terakhir, masukan benang ke dalam tabung selai dan posisikan benang berada didalam dan ujung benang masuk melewati lubang yang dibuat sebagai mulut. Untuk caranya anda dapat melihatnya pada gambar berikut.

Oleh: Albert S
(Disadur dari handmadecharlotte.com)

- See more at: http://www.kesekolah.com/tutorial/lain-lain/memanfaatkan-kemasan-selai-sebagai-tempat-penyimpan-benang.html#sthash.1s6ISNXb.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saleha's blogger © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor