24 Konsep
Setiap Orang Muda Harus Anda Ketahui Tentang Bisnis
Babson College Definisi
kewirausahaan adalah: "Sebuah cara berpikir dan bertindak yang terobsesi
kesempatan, holistik dalam pendekatan, dan kepemimpinan yang seimbang."
Untuk menghormati KTT Kewirausahaan
Perkotaan yang diadakan di Sekolah Bisnis Rutgers di Newark hari ini, saya
ingin menyampaikan pikiran saya tentang apa generasi muda perlu tahu tentang
kewirausahaan.
Kutipan di atas dari Babson,
perguruan tinggi kewirausahaan atas di negeri ini, memberikan batu loncatan
untuk pemikiran penting saya: Setiap individu harus belajar bagaimana untuk
memulai, membiayai, dan mengelola usaha kecil. Hal ini akan memberikan jutaan
orang keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup, dalam kasus mereka
harus meninggalkan pekerjaan atau tidak dapat menemukan satu. Ini juga akan
memungkinkan mereka untuk mengambil keuntungan dari wawasan pasar dan
mengubahnya menjadi peluang bisnis. Juga, mereka akan menjadi karyawan yang
lebih baik melalui pemahaman bagaimana fungsi bisnis.
Setelah 30 tahun mengajar
kewirausahaan sebagai cara untuk mendorong beresiko siswa untuk belajar
bagaimana menjadi mandiri secara ekonomi dan tetap bersekolah, saya yakin bahwa
ini bekerja pendekatan pengalaman akan membantu berjuang pemuda untuk tetap
bersekolah dan belajar keterampilan dasar.
Salah satu penyebab utama kemiskinan
adalah kegagalan bisnis, seringkali karena kurangnya keahlian. Belajar
dasar-dasar kepemilikan kewirausahaan dan bisnis akan, saya percaya, secara
signifikan menurunkan tingkat kemiskinan global. Saya telah bertemu ribuan
orang muda yang memiliki dorongan untuk membuat keluarga mereka bangga,
membangun komunitas yang baik, pergi ke perguruan tinggi dan kemiskinan keluar
melalui kewirausahaan. Belajar bagaimana memulai bisnis harus menjadi bagian
dari kurikulum setiap sekolah. Di bawah ini saya telah terdaftar 24 konsep
setiap orang muda harus belajar sebelum lulus SMA:
1.Pentingnya Kesehatan Mental dan Fisik
1.Pentingnya Kesehatan Mental dan Fisik
Ini berarti makan dengan benar,
tidur cukup, olahraga, membangun ikatan yang kuat dengan teman-teman, keluarga,
dan masyarakat, dan, sebisa mungkin, untuk meminimalkan stres! Hubungan yang
paling penting yang akan Anda miliki dalam hidup Anda adalah dengan diri
sendiri, sehingga memperlakukan diri dengan baik untuk membuat hidup layak.
2.The Joy of Business
Bisnis adalah menyenangkan.
Pengusaha mengkoordinasikan sumber daya - lahan, tenaga kerja, modal, dan
ide-ide - dan melalui kerajinan kewirausahaan mengatur mereka sedemikian rupa
untuk menyediakan produk atau layanan kepada publik pada keuntungan. Jika
berada dalam bisnis tidak menyenangkan, ini adalah profesi yang salah untuk
Anda.
3.Peluang Pengakuan
Ada dua cara untuk menemukan
peluang: metode eksternal, di mana Anda melihat peluang dimana orang lain
melihat rintangan dan masalah, dan metode internal. Untuk memasuki ini, membuat
daftar hobi Anda, minat, dan keterampilan dalam satu kolom, dan peluang bisnis
yang mereka bisa menghasilkan di lain. Setiap kali Anda menghadapi masalah,
pikirkan bagaimana hal itu bisa diselesaikan.
4.Ekonomi Satu Unit
Ini adalah landasan dari rencana
bisnis. Banyak anak muda bermimpi bagaimana mereka akan membuat jutaan.
Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda akan mengembangkan dan menjual satu produk
atau satu jam layanan dan membuat keuntungan, segalanya akan membangun dari
yang An ekonomi satu unit akan memiliki tiga nomor: harga satu unit, biaya
pokok penjualan (yang dikurangi dari harga, meninggalkan "contribution
margin" - atau laba kotor). Jumlah ini adalah kunci, karena akan
ditambahkan ke biaya tetap per unit. Jumlah yang dihasilkan akan menjadi
keuntungan Anda (sebelum pajak).
5.Hukum Penawaran dan Permintaan
Hukum penawaran dan permintaan
adalah konsep ekonomi yang paling penting dari semua! Ditemukan oleh Alfred
Marshall, Universitas Cambridge don, pada tahun 1890, metode internal: membuat
daftar kepentingan hobi dan keterampilan dalam satu kolom, dan dalam daftar
lain semua peluang bisnis yang datang dari daftar.
Hukum penawaran dan permintaan
berinteraksi untuk menentukan harga, yang menyampaikan informasi kepada
pengusaha dan konsumen tentang cara terbaik untuk mengalokasikan sumber daya.
6.Visi, Misi, Strategi, dan Taktik
Cari visi dunia yang ingin Anda
buat. Mengembangkan misi yang jelas untuk bisnis Anda. Dapatkan ekonomi Anda
dari satu unit akurat dan simple.Write tujuan-tujuan strategis Anda membuat
mereka diukur dengan angka dan garis waktu. Strategi Anda dapat menyajikan
produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing Anda, memiliki lebih fokus
pada pasar konsumen, atau membedakan dalam pasar. Taktik Anda akan menggunakan
sumber daya Anda untuk mencapai tujuan strategis Anda.
7.Jangan Bersaing, Buat Keunggulan
Kompetitif
Bagaimana Anda akan bersaing? Apa
yang akan menjadi ujung bisnis Anda? Bagaimana Anda bisa membuat model bisnis
pemenang dengan keuntungan? Seperti Grateful Dead, rahasianya adalah untuk
menemukan ceruk di mana Anda dapat belum tentu yang terbaik, tapi satu-satunya.
Cari tahu apa yang orang lain lakukan dan kemudian melakukan sesuatu yang
berbeda. Keunggulan kompetitif Anda dapat didasarkan pada keahlian yang unik,
keunggulan intelektual, atau dengan menjual pada waktu yang tidak biasa atau
lokasi. Alternatif untuk keunikan adalah menjadi biasa, dan menjual produk yang
sama dengan harga yang sama seperti orang lain, membuat keuntungan minimal jika
ada sama sekali.
8.Wealth Creation, Risiko, dan
Ketidakpastian
Sebagian besar kekayaan diciptakan
melalui peluang bisnis yang dikombinasikan dengan kepemilikan. Dalam upaya
kewirausahaan, kekayaan diciptakan dengan membangun sebuah bisnis yang memiliki
keuntungan dan dapat dijual untuk beberapa laba. Kedua kekayaan mental dan
moneter adalah hasil akhir dari karir kewirausahaan yang sukses. Menjadi
seorang pengusaha tanpa kepemilikan dapat menjadi mimpi buruk-orang lain
membuat keuntungan pada wawasan Anda. Individu yang cepat memahami perbedaan
antara gaji dan keuntungan, semakin baik. Kepemilikan keuntungan masa depan
dapat dijual untuk beberapa laba. Gaji dan upah adalah kompensasi untuk
pekerjaan di masa sekarang, dan karenanya bernilai kurang dari keuntungan -
yang diproyeksikan ke masa depan. Semua investasi berlangsung di dunia yang tak
menentu dengan risiko. Investasi sumber daya untuk membuat bisnis perlu
bijaksana seimbang terhadap risiko yang terlibat.
9.Pemasaran.Menempatkan Diri di
Sepatu Nasabah
Jika Anda mendengarkan pelanggan
Anda dan mengajukan pertanyaan yang jujur, mereka akan memberitahu Anda mereka
butuhkan dan inginkan. Orang-orang yang menarik, dan Anda dapat belajar banyak
tentang masalah mereka jika Anda menempatkan diri dalam sepatu mereka dengan
mengajukan pertanyaan yang tepat dan kemudian terlibat dalam "mendengarkan
secara aktif." Dari ini akan datang bisnis wawasan yang dapat membantu
Anda menemukan ceruk pasar Anda. Pastikan untuk nama bisnis Anda sederhana dan
akurat. Selalu membangun brand Anda melalui produk unggulan, layanan pelanggan,
dan komunikasi yang baik. Pemasaran adalah proses menciptakan suatu produk atau
jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
10.Waktu Manajemen
Sumber daya yang paling penting dari
semua adalah waktu. Waktu sangat berharga. Setelah menghabiskan, Anda tidak
pernah bisa mendapatkannya kembali. Jangan sia-siakan. Dengan merencanakan
bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk hari yang akan datang,
minggu, bulan, dan tahun, Anda akan jauh lebih mungkin untuk mencapai tujuan
Anda dan menjalani kehidupan yang produktif dan positif.
11.Kepemimpinan dan memberikan
kembali
Setiap pemimpin bisnis yang besar
menyadari masyarakat sekitar mereka dan terlihat untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat. Filantropi merupakan bisnis yang baik, dan jika Anda dikenal
sebagai seseorang yang peduli tentang komunitas Anda, semakin banyak orang akan
ingin melakukan bisnis dengan Anda.
Winston Churchill mengatakan:
"Kami membuat hidup dengan apa yang kita dapatkan, kita membuat kehidupan
dengan apa yang kita berikan." Sangat mungkin bahwa setiap orang akan
memiliki beberapa masalah untuk memecahkan yang tidak bertanggung jawab dari
titik keuntungan murni keuangan pandang. Memecahkan masalah seperti ini
menciptakan banyak kesenangan, dan "psikis" Pendapatan membantu membangun
komunitas. Perilaku etis dan filantropis akan selalu berakhir membantu karir
seseorang dan bisnis.
12.Keuangan Melek: Laporan Keuangan,
ROI, dan Breakeven
Melek finansial adalah bagian dari
pendidikan kewirausahaan. Sangat penting untuk memahami bahwa memberikan waktu,
energi, dan uang untuk bisnis Anda merupakan investasi yang akan membantu Anda
untuk memenuhi tujuan Anda. Memanfaatkan alat bunga majemuk dan nilai waktu
dari uang sangat diperlukan untuk menciptakan kekayaan. Sangat penting bahwa
setiap orang muda belajar catatan dasar menjaga, dan cara membaca laporan laba
rugi, neraca, dan laporan arus kas. Return on investment (ROI) dihitung dengan
membagi keuntungan dari usaha dengan jumlah investasi. Apa ROI akan harus
memandu Anda pada investasi Anda. Dan "impas" adalah penting karena
memberitahu Anda apakah Anda mampu rencana pemasaran Anda. Memahami bagaimana
menyimpan dan menginvestasikan uang Anda sangat penting untuk menciptakan dan
mempertahankan kekayaan.
13.Kepemilikan
Dari usia yang sangat dini, setiap
orang harus terkena gagasan memiliki aset. Cara terbaik untuk mengajarkan hal
ini adalah untuk membahas konsep terbuka. Tanggung jawab kepemilikan sebagai
warga negara yang baik harus dibahas juga.
Tanpa memahami dan menghargai konsep
kepemilikan, Anda akan cenderung untuk memahami yang memiliki kekuatan keuangan
di masyarakat, dan Anda akan cenderung memiliki output dari apa yang Anda
hasilkan. Ini adalah apa yang telah terjawab oleh begitu banyak pemimpin yang
membahas pentingnya matematika, membaca, dan menulis-yang memiliki output dari
keterampilan orang adalah sama pentingnya dengan kemampuan sendiri. Para
pengusaha paling sukses, seperti Madonna dan Russell Simmons, memiliki ekonomi
mereka sendiri dari satu unit.
14.Memperpanjang Pilihan Waktu
Mungkin karakteristik yang paling
penting dari keberhasilan orang muda adalah kemampuan untuk menunggu untuk
kepuasan - untuk menyimpan uang dan rencana ke depan dalam rangka untuk
mengontrol waktu mendatang. Selain penetapan tujuan, hal ini dapat diajarkan
terbaik dengan pelajaran grosir-to-retail standar. Sebelum Anda pergi ke
grosir, menggambar diagram dan berpikir tentang bagaimana acara ini akan
berlangsung. Sebagian besar kesuksesan dalam hidup adalah berpikir tentang apa
yang harus dilakukan sekarang untuk membuat tujuan Anda menjadi kenyataan di
masa depan. Kewirausahaan, dan semua bisnis, adalah tentang ide-ide investasi,
uang, dan waktu di masa sekarang untuk mendapatkan manfaat di masa depan. Saya
berpendapat bahwa bekerja pada memperpanjang preferensi waktu adalah salah satu
keterampilan yang paling penting Anda bisa berkembang.
15.Penjualan Dasar Panggilan
Menyiapkan bahan yang sesuai
penjualan sama pentingnya dengan belajar menjadi pendengar yang aktif. Apa
masalah yang produk Anda memecahkan? Siapa audiens Anda? Menjawab pertanyaan
ini adalah penting. Lihat menjual baik sebagai pembelajaran dan pengajaran.
Dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, Anda dapat mendidik pelanggan
tentang manfaat produk atau jasa Anda.
Sebuah penjualan panggilan sehari
dapat membantu mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan di mana saja di
dunia kapan saja. Praktek penjualan Anda panggilan, sehingga Anda berkomunikasi
dengan jelas manfaat dari produk Anda. Penjualan yang baik-panggilan prosedur
akan memberikan umpan balik pada produk Anda dan membantu terus memperbaikinya.
16.Menetapkan Tujuan
Penentuan tujuan adalah sesuatu yang
setiap orang muda harus berlatih setiap minggu. Memiliki tujuan jangka panjang
(sepuluh tahun), menengah-panjang (lima tahun), dan jangka pendek (satu tahun),
dan langsung (bulan depan) benar-benar penting untuk sukses. Pastikan untuk
membuat mereka visual, sehingga Anda melihat mereka. Selalu menetapkan tujuan
yang numerik dan terukur, misalnya: Saya ingin memiliki lima pelanggan baru
bulan depan atau aku akan kehilangan sepuluh pon April.
17.Public Relations, Media, dan
Komunikasi
Strategi komunikasi adalah aset
kunci bagi seorang pengusaha muda untuk mengerti. Belajar untuk berkomunikasi
dengan orang lain dengan menjadi diliput oleh media sangat berharga. Konsep
kunci di sini adalah untuk mempelajari kerajinan pengembangan cerita. Sebuah
cerita sangat membantu jika orang dapat memahaminya dan memotivasi mereka untuk
membeli produk atau jasa Anda. Sebuah cerita yang baik akan menunjukkan
bagaimana produk Anda memiliki efek positif pada seseorang. Ingat, meskipun,
itu harus 100% akurat.
18.Kerja sama
Pada akhirnya, semua kesuksesan
didasarkan pada kerja sama tim. Belajar untuk memilih orang-orang yang Anda
dapat bekerja dengan sukses, melatih mereka, dan memberikan mereka insentif
benar-benar penting bagi keberhasilan. Bermain olahraga atau terlibat dalam
kegiatan lain yang melibatkan kerja sama tim akan membantu membangun
keterampilan ini.
19.Berpikirglobal
Dunia ini jauh lebih kecil sekarang, dan bahkan para pengusaha muda harus berpikir secara global, dengan mempertimbangkan pasar rekening dan pemasok di seluruh dunia. Menjadi hormat dan berpendidikan pada budaya yang berbeda akan sangat penting untuk keberhasilan. Perjalanan bagi kaum muda juga penting, untuk mengembangkan perspektif internasional dan pengetahuan pasar luar negeri.
Dunia ini jauh lebih kecil sekarang, dan bahkan para pengusaha muda harus berpikir secara global, dengan mempertimbangkan pasar rekening dan pemasok di seluruh dunia. Menjadi hormat dan berpendidikan pada budaya yang berbeda akan sangat penting untuk keberhasilan. Perjalanan bagi kaum muda juga penting, untuk mengembangkan perspektif internasional dan pengetahuan pasar luar negeri.
20.Teknologi
Kekayaan diciptakan melalui
konektivitas antar-Internet dan penggunaan teknologi progresif. Tetap
up-to-date dengan teknologi untuk menjaga bisnis Anda hidup dan berkembang.
Teknologi utama bertumpu pada kemampuan intelektual kewirausahaan dan
kepemilikan.
21.Studi Teori Ekonomi dan Sejarah
Pelajari dasar makro-ekonomi,
terutama perdagangan-teori siklus. Memulai bisnis selama resesi bisa menjadi
keuntungan besar karena biaya tanah, bahan, dan tenaga kerja yang lebih murah.
Banyak kegagalan bisnis yang disalahkan pada pengusaha tetapi, dalam
kenyataannya, mereka adalah hasil dari perusahaan yang didirikan atau diperluas
selama bagian dari siklus booming perdagangan. Lebih baik untuk memulai bisnis
ketika sumber daya dan harga yang rendah. Menghemat uang selama booming ekonomi
untuk bertahan hidup dan siap untuk mengambil keuntungan terbaik dari peluang
yang tersedia ketika orang lain keluar dari bisnis. Ada tiga teori utama dari
siklus perdagangan: Monetarist, Austria, dan Keynesian - mempelajari mereka semua.
22.Bersiaplah untuk Kegagalan dan
Sukses
Usaha bisnis banyak yang tidak
bekerja, sering bukan karena kesalahan pengusaha. Bisnis keberhasilan atau
kegagalan tidak akan menjadi refleksi dari diri Anda. Bersiaplah untuk
kemunduran dalam setiap usaha yang Anda lakukan. Jadilah mental yang kuat dan
positif setiap saat. Rencana kemungkinan menutup bisnis dan belajar dari
kemunduran. Dapatkan pengalaman di lapangan sebelum memulai bisnis di dalamnya.
Pertumbuhan yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan kesalahan dan
kegagalan bisnis.
23.Cara Menulis Rencana Bisnis
Ada pepatah yang berbunyi,
"Gagal untuk merencanakan berencana untuk gagal." Banyak orang muda
memiliki visi dan impian. Dengan meletakkan visi dan tujuan dalam menulis,
peluang Anda untuk sukses akan meningkat. The NFTE Format telah dikembangkan
baik untuk pemuda dan dapat ditemukan dalam, Kewirausahaan buku-buku kami:
Memiliki Masa Depan Anda (Steve Mariotti dan Tony Towle) dan Kewirausahaan
(Steve dan Caroline Mariotti Glackin). Pergi ke www.nfte.com untuk info lebih lanjut.
24.The Golden Rule
Memperlakukan orang lain seperti
Anda ingin mereka memperlakukan Anda akan membantu Anda mencapai kesuksesan
dalam hidup, baik pribadi dan finansial.
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
Posted by lintong nababan
KONSEP DASAR
MANAJEMEN BISNIS
1. Mengetahui konsep
dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi
bisnis.
2. Mengetahui konsep
manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep
manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen
sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan
manajemen keuangan.
Pengertian Organisasi
v Organisasi
adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu
dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).
v Sekumpulan
orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan
tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
Jenis-jenis Organisasi
Ø Organisasi Profit
ü Perusahaan Besar
§ Perusahaan manufaktur, Bank
Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
ü Perusahaan Kecil
ü Koperasi
ü Perusahaan Multinasional
ü
Dll
Ø Organisasi Non Profit/Nirlaba
ü Pemerintah Pusat,
Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
ü Lembaga Pendidikan Negeri
ü Yayasan Sosial
ü
Dll
Pengertian Manajemen
v Seni
dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
v Sebuah
proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian
kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian
orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh
,1997)
v Seni
atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
v Adanya
penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun
faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya
manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
v Adanya proses yang bertahap
dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian,
hingga pengendali an dan pengawasan.
v Adanya
seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Sumber Daya Organisasi
Ø Sumber Daya Manusia,
Ø Sumber Daya Informasi,
Ø Sumber Daya Fisik,
Ø Sumber Daya Keuangan,
Ø Sumber Daya Alam,
Ø Dll.
Pengertian Efektif
dan Efisien (Drucker)
Efektif :
v mengerjakan
pekerjaan yang benar atau tepat
Efisien :
v mengerjakan
pekerjaan dengan benar atau tepat
Fungsi-fungsi Manajemen
Ø Perencanaan (Planning),
Ø Pengorganisasian (Organizing),
Ø Pengarahan dan pengimplementasi an
(Directing/Leading),
Ø Pengawasan dan Pengendalian (Con
trolling).
Fungsi Perencanaan
v
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan
untuk meng antisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan
strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
ü Menetapkan tujuan dan target bisnis
ü Merumuskan strategi
untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
ü Menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan.
ü Menetapkan standar /
indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
v proses yang menyangkut
bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain
dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam
organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan
organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian
ü Mengalokasikan
sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang
diperlukan.
ü Menetapkan
struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.
ü Kegiatan perekrutan,
penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
ü Kegiatan penempatan sumber
daya manusia pada posisi yang paling tepat.
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
v Proses implementasi program
agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses
memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan
penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalamFungsi Pengarahan dan
Implementasi
ü Mengimplementasikan proses ke
pemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat
bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
ü Memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
ü Menjelaskan kebijakan yang
ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
v Proses yang dilakukan untuk
memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan
dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan
sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang
dihadapi.
Kegiatan dalamFungsi Pengawasan dan
Pengendalian
ü Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian
tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
ü Mengambil langkah
klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
ü Melakukan berbagai
alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan
dan target bisnis
ü Kegiatan dalam
Fungsi-fungsi Manajemen
ü Sumber Daya
Organisasi, Tujuan, dan Fungsi-fungsi Manajemen
ü Perbedaan pandangan
dalamFungsi-fungsi Manajemen
Fungsi Operasional dalam Manajemen
ü Manajemen Sumber Daya Manusia,
ü Manajemen Pemasaran,
ü Manajemen Operasi/Produksi,
ü Manajemen Keuangan,
ü Manajemen Informasi.
Manajemen Sumber Daya Manusia
v Manajemen Sumber Daya Manusia
adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya
manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya
manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita
dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
Manajemen Pemasaran
v Manajemen Pemasaran adalah
kegiat an manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk
mengidentifikasi apa sesungguh nya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana
bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Manajemen Produksi
v Manajemen Produksi adalah
penerap an manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang
sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan
teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pemilihan lokasi produksi
hingga produk akhir yang dihasilkan dalam suatu proses produksi.
Manajemen Keuangan
v Manajemen Keuangan adalah
kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk
memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara
ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
Ø Tugas manajemen keuangan
diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara
bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan
bisnis yang dijalankan.
Manajemen Informasi
v Manajemen Informasi adalah
kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan
bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka
panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan
s
24 Konsep
Setiap Orang Muda Harus Anda Ketahui Tentang Bisnis
Babson College Definisi
kewirausahaan adalah: "Sebuah cara berpikir dan bertindak yang terobsesi
kesempatan, holistik dalam pendekatan, dan kepemimpinan yang seimbang."
Untuk menghormati KTT Kewirausahaan
Perkotaan yang diadakan di Sekolah Bisnis Rutgers di Newark hari ini, saya
ingin menyampaikan pikiran saya tentang apa generasi muda perlu tahu tentang
kewirausahaan.
Kutipan di atas dari Babson,
perguruan tinggi kewirausahaan atas di negeri ini, memberikan batu loncatan
untuk pemikiran penting saya: Setiap individu harus belajar bagaimana untuk
memulai, membiayai, dan mengelola usaha kecil. Hal ini akan memberikan jutaan
orang keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup, dalam kasus mereka
harus meninggalkan pekerjaan atau tidak dapat menemukan satu. Ini juga akan
memungkinkan mereka untuk mengambil keuntungan dari wawasan pasar dan
mengubahnya menjadi peluang bisnis. Juga, mereka akan menjadi karyawan yang
lebih baik melalui pemahaman bagaimana fungsi bisnis.
Setelah 30 tahun mengajar
kewirausahaan sebagai cara untuk mendorong beresiko siswa untuk belajar
bagaimana menjadi mandiri secara ekonomi dan tetap bersekolah, saya yakin bahwa
ini bekerja pendekatan pengalaman akan membantu berjuang pemuda untuk tetap
bersekolah dan belajar keterampilan dasar.
Salah satu penyebab utama kemiskinan
adalah kegagalan bisnis, seringkali karena kurangnya keahlian. Belajar
dasar-dasar kepemilikan kewirausahaan dan bisnis akan, saya percaya, secara
signifikan menurunkan tingkat kemiskinan global. Saya telah bertemu ribuan
orang muda yang memiliki dorongan untuk membuat keluarga mereka bangga,
membangun komunitas yang baik, pergi ke perguruan tinggi dan kemiskinan keluar
melalui kewirausahaan. Belajar bagaimana memulai bisnis harus menjadi bagian
dari kurikulum setiap sekolah. Di bawah ini saya telah terdaftar 24 konsep
setiap orang muda harus belajar sebelum lulus SMA:
1.Pentingnya Kesehatan Mental dan Fisik
1.Pentingnya Kesehatan Mental dan Fisik
Ini berarti makan dengan benar,
tidur cukup, olahraga, membangun ikatan yang kuat dengan teman-teman, keluarga,
dan masyarakat, dan, sebisa mungkin, untuk meminimalkan stres! Hubungan yang
paling penting yang akan Anda miliki dalam hidup Anda adalah dengan diri
sendiri, sehingga memperlakukan diri dengan baik untuk membuat hidup layak.
2.The Joy of Business
Bisnis adalah menyenangkan.
Pengusaha mengkoordinasikan sumber daya - lahan, tenaga kerja, modal, dan
ide-ide - dan melalui kerajinan kewirausahaan mengatur mereka sedemikian rupa
untuk menyediakan produk atau layanan kepada publik pada keuntungan. Jika
berada dalam bisnis tidak menyenangkan, ini adalah profesi yang salah untuk
Anda.
3.Peluang Pengakuan
Ada dua cara untuk menemukan
peluang: metode eksternal, di mana Anda melihat peluang dimana orang lain
melihat rintangan dan masalah, dan metode internal. Untuk memasuki ini, membuat
daftar hobi Anda, minat, dan keterampilan dalam satu kolom, dan peluang bisnis
yang mereka bisa menghasilkan di lain. Setiap kali Anda menghadapi masalah,
pikirkan bagaimana hal itu bisa diselesaikan.
4.Ekonomi Satu Unit
Ini adalah landasan dari rencana
bisnis. Banyak anak muda bermimpi bagaimana mereka akan membuat jutaan.
Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda akan mengembangkan dan menjual satu produk
atau satu jam layanan dan membuat keuntungan, segalanya akan membangun dari
yang An ekonomi satu unit akan memiliki tiga nomor: harga satu unit, biaya
pokok penjualan (yang dikurangi dari harga, meninggalkan "contribution
margin" - atau laba kotor). Jumlah ini adalah kunci, karena akan
ditambahkan ke biaya tetap per unit. Jumlah yang dihasilkan akan menjadi
keuntungan Anda (sebelum pajak).
5.Hukum Penawaran dan Permintaan
Hukum penawaran dan permintaan
adalah konsep ekonomi yang paling penting dari semua! Ditemukan oleh Alfred
Marshall, Universitas Cambridge don, pada tahun 1890, metode internal: membuat
daftar kepentingan hobi dan keterampilan dalam satu kolom, dan dalam daftar
lain semua peluang bisnis yang datang dari daftar.
Hukum penawaran dan permintaan
berinteraksi untuk menentukan harga, yang menyampaikan informasi kepada
pengusaha dan konsumen tentang cara terbaik untuk mengalokasikan sumber daya.
6.Visi, Misi, Strategi, dan Taktik
Cari visi dunia yang ingin Anda
buat. Mengembangkan misi yang jelas untuk bisnis Anda. Dapatkan ekonomi Anda
dari satu unit akurat dan simple.Write tujuan-tujuan strategis Anda membuat
mereka diukur dengan angka dan garis waktu. Strategi Anda dapat menyajikan
produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing Anda, memiliki lebih fokus
pada pasar konsumen, atau membedakan dalam pasar. Taktik Anda akan menggunakan
sumber daya Anda untuk mencapai tujuan strategis Anda.
7.Jangan Bersaing, Buat Keunggulan
Kompetitif
Bagaimana Anda akan bersaing? Apa
yang akan menjadi ujung bisnis Anda? Bagaimana Anda bisa membuat model bisnis
pemenang dengan keuntungan? Seperti Grateful Dead, rahasianya adalah untuk
menemukan ceruk di mana Anda dapat belum tentu yang terbaik, tapi satu-satunya.
Cari tahu apa yang orang lain lakukan dan kemudian melakukan sesuatu yang
berbeda. Keunggulan kompetitif Anda dapat didasarkan pada keahlian yang unik,
keunggulan intelektual, atau dengan menjual pada waktu yang tidak biasa atau
lokasi. Alternatif untuk keunikan adalah menjadi biasa, dan menjual produk yang
sama dengan harga yang sama seperti orang lain, membuat keuntungan minimal jika
ada sama sekali.
8.Wealth Creation, Risiko, dan
Ketidakpastian
Sebagian besar kekayaan diciptakan
melalui peluang bisnis yang dikombinasikan dengan kepemilikan. Dalam upaya
kewirausahaan, kekayaan diciptakan dengan membangun sebuah bisnis yang memiliki
keuntungan dan dapat dijual untuk beberapa laba. Kedua kekayaan mental dan
moneter adalah hasil akhir dari karir kewirausahaan yang sukses. Menjadi
seorang pengusaha tanpa kepemilikan dapat menjadi mimpi buruk-orang lain
membuat keuntungan pada wawasan Anda. Individu yang cepat memahami perbedaan
antara gaji dan keuntungan, semakin baik. Kepemilikan keuntungan masa depan
dapat dijual untuk beberapa laba. Gaji dan upah adalah kompensasi untuk
pekerjaan di masa sekarang, dan karenanya bernilai kurang dari keuntungan -
yang diproyeksikan ke masa depan. Semua investasi berlangsung di dunia yang tak
menentu dengan risiko. Investasi sumber daya untuk membuat bisnis perlu
bijaksana seimbang terhadap risiko yang terlibat.
9.Pemasaran.Menempatkan Diri di
Sepatu Nasabah
Jika Anda mendengarkan pelanggan
Anda dan mengajukan pertanyaan yang jujur, mereka akan memberitahu Anda mereka
butuhkan dan inginkan. Orang-orang yang menarik, dan Anda dapat belajar banyak
tentang masalah mereka jika Anda menempatkan diri dalam sepatu mereka dengan
mengajukan pertanyaan yang tepat dan kemudian terlibat dalam "mendengarkan
secara aktif." Dari ini akan datang bisnis wawasan yang dapat membantu
Anda menemukan ceruk pasar Anda. Pastikan untuk nama bisnis Anda sederhana dan
akurat. Selalu membangun brand Anda melalui produk unggulan, layanan pelanggan,
dan komunikasi yang baik. Pemasaran adalah proses menciptakan suatu produk atau
jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
10.Waktu Manajemen
Sumber daya yang paling penting dari
semua adalah waktu. Waktu sangat berharga. Setelah menghabiskan, Anda tidak
pernah bisa mendapatkannya kembali. Jangan sia-siakan. Dengan merencanakan
bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk hari yang akan datang,
minggu, bulan, dan tahun, Anda akan jauh lebih mungkin untuk mencapai tujuan
Anda dan menjalani kehidupan yang produktif dan positif.
11.Kepemimpinan dan memberikan
kembali
Setiap pemimpin bisnis yang besar
menyadari masyarakat sekitar mereka dan terlihat untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat. Filantropi merupakan bisnis yang baik, dan jika Anda dikenal
sebagai seseorang yang peduli tentang komunitas Anda, semakin banyak orang akan
ingin melakukan bisnis dengan Anda.
Winston Churchill mengatakan:
"Kami membuat hidup dengan apa yang kita dapatkan, kita membuat kehidupan
dengan apa yang kita berikan." Sangat mungkin bahwa setiap orang akan
memiliki beberapa masalah untuk memecahkan yang tidak bertanggung jawab dari
titik keuntungan murni keuangan pandang. Memecahkan masalah seperti ini
menciptakan banyak kesenangan, dan "psikis" Pendapatan membantu membangun
komunitas. Perilaku etis dan filantropis akan selalu berakhir membantu karir
seseorang dan bisnis.
12.Keuangan Melek: Laporan Keuangan,
ROI, dan Breakeven
Melek finansial adalah bagian dari
pendidikan kewirausahaan. Sangat penting untuk memahami bahwa memberikan waktu,
energi, dan uang untuk bisnis Anda merupakan investasi yang akan membantu Anda
untuk memenuhi tujuan Anda. Memanfaatkan alat bunga majemuk dan nilai waktu
dari uang sangat diperlukan untuk menciptakan kekayaan. Sangat penting bahwa
setiap orang muda belajar catatan dasar menjaga, dan cara membaca laporan laba
rugi, neraca, dan laporan arus kas. Return on investment (ROI) dihitung dengan
membagi keuntungan dari usaha dengan jumlah investasi. Apa ROI akan harus
memandu Anda pada investasi Anda. Dan "impas" adalah penting karena
memberitahu Anda apakah Anda mampu rencana pemasaran Anda. Memahami bagaimana
menyimpan dan menginvestasikan uang Anda sangat penting untuk menciptakan dan
mempertahankan kekayaan.
13.Kepemilikan
Dari usia yang sangat dini, setiap
orang harus terkena gagasan memiliki aset. Cara terbaik untuk mengajarkan hal
ini adalah untuk membahas konsep terbuka. Tanggung jawab kepemilikan sebagai
warga negara yang baik harus dibahas juga.
Tanpa memahami dan menghargai konsep
kepemilikan, Anda akan cenderung untuk memahami yang memiliki kekuatan keuangan
di masyarakat, dan Anda akan cenderung memiliki output dari apa yang Anda
hasilkan. Ini adalah apa yang telah terjawab oleh begitu banyak pemimpin yang
membahas pentingnya matematika, membaca, dan menulis-yang memiliki output dari
keterampilan orang adalah sama pentingnya dengan kemampuan sendiri. Para
pengusaha paling sukses, seperti Madonna dan Russell Simmons, memiliki ekonomi
mereka sendiri dari satu unit.
14.Memperpanjang Pilihan Waktu
Mungkin karakteristik yang paling
penting dari keberhasilan orang muda adalah kemampuan untuk menunggu untuk
kepuasan - untuk menyimpan uang dan rencana ke depan dalam rangka untuk
mengontrol waktu mendatang. Selain penetapan tujuan, hal ini dapat diajarkan
terbaik dengan pelajaran grosir-to-retail standar. Sebelum Anda pergi ke
grosir, menggambar diagram dan berpikir tentang bagaimana acara ini akan
berlangsung. Sebagian besar kesuksesan dalam hidup adalah berpikir tentang apa
yang harus dilakukan sekarang untuk membuat tujuan Anda menjadi kenyataan di
masa depan. Kewirausahaan, dan semua bisnis, adalah tentang ide-ide investasi,
uang, dan waktu di masa sekarang untuk mendapatkan manfaat di masa depan. Saya
berpendapat bahwa bekerja pada memperpanjang preferensi waktu adalah salah satu
keterampilan yang paling penting Anda bisa berkembang.
15.Penjualan Dasar Panggilan
Menyiapkan bahan yang sesuai
penjualan sama pentingnya dengan belajar menjadi pendengar yang aktif. Apa
masalah yang produk Anda memecahkan? Siapa audiens Anda? Menjawab pertanyaan
ini adalah penting. Lihat menjual baik sebagai pembelajaran dan pengajaran.
Dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, Anda dapat mendidik pelanggan
tentang manfaat produk atau jasa Anda.
Sebuah penjualan panggilan sehari
dapat membantu mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan di mana saja di
dunia kapan saja. Praktek penjualan Anda panggilan, sehingga Anda berkomunikasi
dengan jelas manfaat dari produk Anda. Penjualan yang baik-panggilan prosedur
akan memberikan umpan balik pada produk Anda dan membantu terus memperbaikinya.
16.Menetapkan Tujuan
Penentuan tujuan adalah sesuatu yang
setiap orang muda harus berlatih setiap minggu. Memiliki tujuan jangka panjang
(sepuluh tahun), menengah-panjang (lima tahun), dan jangka pendek (satu tahun),
dan langsung (bulan depan) benar-benar penting untuk sukses. Pastikan untuk
membuat mereka visual, sehingga Anda melihat mereka. Selalu menetapkan tujuan
yang numerik dan terukur, misalnya: Saya ingin memiliki lima pelanggan baru
bulan depan atau aku akan kehilangan sepuluh pon April.
17.Public Relations, Media, dan
Komunikasi
Strategi komunikasi adalah aset
kunci bagi seorang pengusaha muda untuk mengerti. Belajar untuk berkomunikasi
dengan orang lain dengan menjadi diliput oleh media sangat berharga. Konsep
kunci di sini adalah untuk mempelajari kerajinan pengembangan cerita. Sebuah
cerita sangat membantu jika orang dapat memahaminya dan memotivasi mereka untuk
membeli produk atau jasa Anda. Sebuah cerita yang baik akan menunjukkan
bagaimana produk Anda memiliki efek positif pada seseorang. Ingat, meskipun,
itu harus 100% akurat.
18.Kerja sama
Pada akhirnya, semua kesuksesan
didasarkan pada kerja sama tim. Belajar untuk memilih orang-orang yang Anda
dapat bekerja dengan sukses, melatih mereka, dan memberikan mereka insentif
benar-benar penting bagi keberhasilan. Bermain olahraga atau terlibat dalam
kegiatan lain yang melibatkan kerja sama tim akan membantu membangun
keterampilan ini.
19.Berpikirglobal
Dunia ini jauh lebih kecil sekarang, dan bahkan para pengusaha muda harus berpikir secara global, dengan mempertimbangkan pasar rekening dan pemasok di seluruh dunia. Menjadi hormat dan berpendidikan pada budaya yang berbeda akan sangat penting untuk keberhasilan. Perjalanan bagi kaum muda juga penting, untuk mengembangkan perspektif internasional dan pengetahuan pasar luar negeri.
Dunia ini jauh lebih kecil sekarang, dan bahkan para pengusaha muda harus berpikir secara global, dengan mempertimbangkan pasar rekening dan pemasok di seluruh dunia. Menjadi hormat dan berpendidikan pada budaya yang berbeda akan sangat penting untuk keberhasilan. Perjalanan bagi kaum muda juga penting, untuk mengembangkan perspektif internasional dan pengetahuan pasar luar negeri.
20.Teknologi
Kekayaan diciptakan melalui
konektivitas antar-Internet dan penggunaan teknologi progresif. Tetap
up-to-date dengan teknologi untuk menjaga bisnis Anda hidup dan berkembang.
Teknologi utama bertumpu pada kemampuan intelektual kewirausahaan dan
kepemilikan.
21.Studi Teori Ekonomi dan Sejarah
Pelajari dasar makro-ekonomi,
terutama perdagangan-teori siklus. Memulai bisnis selama resesi bisa menjadi
keuntungan besar karena biaya tanah, bahan, dan tenaga kerja yang lebih murah.
Banyak kegagalan bisnis yang disalahkan pada pengusaha tetapi, dalam
kenyataannya, mereka adalah hasil dari perusahaan yang didirikan atau diperluas
selama bagian dari siklus booming perdagangan. Lebih baik untuk memulai bisnis
ketika sumber daya dan harga yang rendah. Menghemat uang selama booming ekonomi
untuk bertahan hidup dan siap untuk mengambil keuntungan terbaik dari peluang
yang tersedia ketika orang lain keluar dari bisnis. Ada tiga teori utama dari
siklus perdagangan: Monetarist, Austria, dan Keynesian - mempelajari mereka semua.
22.Bersiaplah untuk Kegagalan dan
Sukses
Usaha bisnis banyak yang tidak
bekerja, sering bukan karena kesalahan pengusaha. Bisnis keberhasilan atau
kegagalan tidak akan menjadi refleksi dari diri Anda. Bersiaplah untuk
kemunduran dalam setiap usaha yang Anda lakukan. Jadilah mental yang kuat dan
positif setiap saat. Rencana kemungkinan menutup bisnis dan belajar dari
kemunduran. Dapatkan pengalaman di lapangan sebelum memulai bisnis di dalamnya.
Pertumbuhan yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan kesalahan dan
kegagalan bisnis.
23.Cara Menulis Rencana Bisnis
Ada pepatah yang berbunyi,
"Gagal untuk merencanakan berencana untuk gagal." Banyak orang muda
memiliki visi dan impian. Dengan meletakkan visi dan tujuan dalam menulis,
peluang Anda untuk sukses akan meningkat. The NFTE Format telah dikembangkan
baik untuk pemuda dan dapat ditemukan dalam, Kewirausahaan buku-buku kami:
Memiliki Masa Depan Anda (Steve Mariotti dan Tony Towle) dan Kewirausahaan
(Steve dan Caroline Mariotti Glackin). Pergi ke www.nfte.com untuk info lebih lanjut.
24.The Golden Rule
Memperlakukan orang lain seperti
Anda ingin mereka memperlakukan Anda akan membantu Anda mencapai kesuksesan
dalam hidup, baik pribadi dan finansial.
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
Posted by lintong nababan
KONSEP DASAR
MANAJEMEN BISNIS
1. Mengetahui konsep
dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi
bisnis.
2. Mengetahui konsep
manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan,
pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep
manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen
sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan
manajemen keuangan.
Pengertian Organisasi
v Organisasi
adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu
dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).
v Sekumpulan
orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan
tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
Jenis-jenis Organisasi
Ø Organisasi Profit
ü Perusahaan Besar
§ Perusahaan manufaktur, Bank
Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
ü Perusahaan Kecil
ü Koperasi
ü Perusahaan Multinasional
ü
Dll
Ø Organisasi Non Profit/Nirlaba
ü Pemerintah Pusat,
Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
ü Lembaga Pendidikan Negeri
ü Yayasan Sosial
ü
Dll
Pengertian Manajemen
v Seni
dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
v Sebuah
proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian
kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian
orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh
,1997)
v Seni
atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
v Adanya
penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun
faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya
manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
v Adanya proses yang bertahap
dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian,
hingga pengendali an dan pengawasan.
v Adanya
seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Sumber Daya Organisasi
Ø Sumber Daya Manusia,
Ø Sumber Daya Informasi,
Ø Sumber Daya Fisik,
Ø Sumber Daya Keuangan,
Ø Sumber Daya Alam,
Ø Dll.
Pengertian Efektif
dan Efisien (Drucker)
Efektif :
v mengerjakan
pekerjaan yang benar atau tepat
Efisien :
v mengerjakan
pekerjaan dengan benar atau tepat
Fungsi-fungsi Manajemen
Ø Perencanaan (Planning),
Ø Pengorganisasian (Organizing),
Ø Pengarahan dan pengimplementasi an
(Directing/Leading),
Ø Pengawasan dan Pengendalian (Con
trolling).
Fungsi Perencanaan
v
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan
untuk meng antisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan
strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
ü Menetapkan tujuan dan target bisnis
ü Merumuskan strategi
untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
ü Menentukan
sumber-sumber daya yang diperlukan.
ü Menetapkan standar /
indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
v proses yang menyangkut
bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain
dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam
organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan
organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian
ü Mengalokasikan
sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang
diperlukan.
ü Menetapkan
struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.
ü Kegiatan perekrutan,
penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
ü Kegiatan penempatan sumber
daya manusia pada posisi yang paling tepat.
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
v Proses implementasi program
agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses
memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan
penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
Kegiatan dalamFungsi Pengarahan dan
Implementasi
ü Mengimplementasikan proses ke
pemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat
bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
ü Memberikan
tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
ü Menjelaskan kebijakan yang
ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
v Proses yang dilakukan untuk
memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan
dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan
sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang
dihadapi.
Kegiatan dalamFungsi Pengawasan dan
Pengendalian
ü Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian
tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
ü Mengambil langkah
klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
ü Melakukan berbagai
alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan
dan target bisnis
ü Kegiatan dalam
Fungsi-fungsi Manajemen
ü Sumber Daya
Organisasi, Tujuan, dan Fungsi-fungsi Manajemen
ü Perbedaan pandangan
dalamFungsi-fungsi Manajemen
Fungsi Operasional dalam Manajemen
ü Manajemen Sumber Daya Manusia,
ü Manajemen Pemasaran,
ü Manajemen Operasi/Produksi,
ü Manajemen Keuangan,
ü Manajemen Informasi.
Manajemen Sumber Daya Manusia
v Manajemen Sumber Daya Manusia
adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya
manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya
manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita
dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
Manajemen Pemasaran
v Manajemen Pemasaran adalah
kegiat an manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk
mengidentifikasi apa sesungguh nya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana
bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Manajemen Produksi
v Manajemen Produksi adalah
penerap an manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang
sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan
teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pemilihan lokasi produksi
hingga produk akhir yang dihasilkan dalam suatu proses produksi.
Manajemen Keuangan
v Manajemen Keuangan adalah
kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk
memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara
ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
Ø Tugas manajemen keuangan
diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara
bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan
bisnis yang dijalankan.
Manajemen Informasi
v Manajemen Informasi adalah
kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan
bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka
panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan
seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi
internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan
tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat .
eluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi
internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan
tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat .
0 komentar:
Posting Komentar