Welcome

Senin, 15 Juli 2013

BISNIS

Diposting oleh Unknown di 09.14

24 Konsep Setiap Orang Muda Harus Anda Ketahui Tentang Bisnis
Babson College Definisi kewirausahaan adalah: "Sebuah cara berpikir dan bertindak yang terobsesi kesempatan, holistik dalam pendekatan, dan kepemimpinan yang seimbang."
Untuk menghormati KTT Kewirausahaan Perkotaan yang diadakan di Sekolah Bisnis Rutgers di Newark hari ini, saya ingin menyampaikan pikiran saya tentang apa generasi muda perlu tahu tentang kewirausahaan.
Kutipan di atas dari Babson, perguruan tinggi kewirausahaan atas di negeri ini, memberikan batu loncatan untuk pemikiran penting saya: Setiap individu harus belajar bagaimana untuk memulai, membiayai, dan mengelola usaha kecil. Hal ini akan memberikan jutaan orang keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup, dalam kasus mereka harus meninggalkan pekerjaan atau tidak dapat menemukan satu. Ini juga akan memungkinkan mereka untuk mengambil keuntungan dari wawasan pasar dan mengubahnya menjadi peluang bisnis. Juga, mereka akan menjadi karyawan yang lebih baik melalui pemahaman bagaimana fungsi bisnis.
Setelah 30 tahun mengajar kewirausahaan sebagai cara untuk mendorong beresiko siswa untuk belajar bagaimana menjadi mandiri secara ekonomi dan tetap bersekolah, saya yakin bahwa ini bekerja pendekatan pengalaman akan membantu berjuang pemuda untuk tetap bersekolah dan belajar keterampilan dasar.
Salah satu penyebab utama kemiskinan adalah kegagalan bisnis, seringkali karena kurangnya keahlian. Belajar dasar-dasar kepemilikan kewirausahaan dan bisnis akan, saya percaya, secara signifikan menurunkan tingkat kemiskinan global. Saya telah bertemu ribuan orang muda yang memiliki dorongan untuk membuat keluarga mereka bangga, membangun komunitas yang baik, pergi ke perguruan tinggi dan kemiskinan keluar melalui kewirausahaan. Belajar bagaimana memulai bisnis harus menjadi bagian dari kurikulum setiap sekolah. Di bawah ini saya telah terdaftar 24 konsep setiap orang muda harus belajar sebelum lulus SMA:

1.Pentingnya Kesehatan Mental dan Fisik
Ini berarti makan dengan benar, tidur cukup, olahraga, membangun ikatan yang kuat dengan teman-teman, keluarga, dan masyarakat, dan, sebisa mungkin, untuk meminimalkan stres! Hubungan yang paling penting yang akan Anda miliki dalam hidup Anda adalah dengan diri sendiri, sehingga memperlakukan diri dengan baik untuk membuat hidup layak.
2.The Joy of Business
Bisnis adalah menyenangkan. Pengusaha mengkoordinasikan sumber daya - lahan, tenaga kerja, modal, dan ide-ide - dan melalui kerajinan kewirausahaan mengatur mereka sedemikian rupa untuk menyediakan produk atau layanan kepada publik pada keuntungan. Jika berada dalam bisnis tidak menyenangkan, ini adalah profesi yang salah untuk Anda.
3.Peluang Pengakuan
Ada dua cara untuk menemukan peluang: metode eksternal, di mana Anda melihat peluang dimana orang lain melihat rintangan dan masalah, dan metode internal. Untuk memasuki ini, membuat daftar hobi Anda, minat, dan keterampilan dalam satu kolom, dan peluang bisnis yang mereka bisa menghasilkan di lain. Setiap kali Anda menghadapi masalah, pikirkan bagaimana hal itu bisa diselesaikan.
4.Ekonomi Satu Unit
Ini adalah landasan dari rencana bisnis. Banyak anak muda bermimpi bagaimana mereka akan membuat jutaan. Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda akan mengembangkan dan menjual satu produk atau satu jam layanan dan membuat keuntungan, segalanya akan membangun dari yang An ekonomi satu unit akan memiliki tiga nomor: harga satu unit, biaya pokok penjualan (yang dikurangi dari harga, meninggalkan "contribution margin" - atau laba kotor). Jumlah ini adalah kunci, karena akan ditambahkan ke biaya tetap per unit. Jumlah yang dihasilkan akan menjadi keuntungan Anda (sebelum pajak).
5.Hukum Penawaran dan Permintaan
Hukum penawaran dan permintaan adalah konsep ekonomi yang paling penting dari semua! Ditemukan oleh Alfred Marshall, Universitas Cambridge don, pada tahun 1890, metode internal: membuat daftar kepentingan hobi dan keterampilan dalam satu kolom, dan dalam daftar lain semua peluang bisnis yang datang dari daftar.
Hukum penawaran dan permintaan berinteraksi untuk menentukan harga, yang menyampaikan informasi kepada pengusaha dan konsumen tentang cara terbaik untuk mengalokasikan sumber daya.
6.Visi, Misi, Strategi, dan Taktik
Cari visi dunia yang ingin Anda buat. Mengembangkan misi yang jelas untuk bisnis Anda. Dapatkan ekonomi Anda dari satu unit akurat dan simple.Write tujuan-tujuan strategis Anda membuat mereka diukur dengan angka dan garis waktu. Strategi Anda dapat menyajikan produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing Anda, memiliki lebih fokus pada pasar konsumen, atau membedakan dalam pasar. Taktik Anda akan menggunakan sumber daya Anda untuk mencapai tujuan strategis Anda.
7.Jangan Bersaing, Buat Keunggulan Kompetitif
Bagaimana Anda akan bersaing? Apa yang akan menjadi ujung bisnis Anda? Bagaimana Anda bisa membuat model bisnis pemenang dengan keuntungan? Seperti Grateful Dead, rahasianya adalah untuk menemukan ceruk di mana Anda dapat belum tentu yang terbaik, tapi satu-satunya. Cari tahu apa yang orang lain lakukan dan kemudian melakukan sesuatu yang berbeda. Keunggulan kompetitif Anda dapat didasarkan pada keahlian yang unik, keunggulan intelektual, atau dengan menjual pada waktu yang tidak biasa atau lokasi. Alternatif untuk keunikan adalah menjadi biasa, dan menjual produk yang sama dengan harga yang sama seperti orang lain, membuat keuntungan minimal jika ada sama sekali.

8.Wealth Creation, Risiko, dan Ketidakpastian
Sebagian besar kekayaan diciptakan melalui peluang bisnis yang dikombinasikan dengan kepemilikan. Dalam upaya kewirausahaan, kekayaan diciptakan dengan membangun sebuah bisnis yang memiliki keuntungan dan dapat dijual untuk beberapa laba. Kedua kekayaan mental dan moneter adalah hasil akhir dari karir kewirausahaan yang sukses. Menjadi seorang pengusaha tanpa kepemilikan dapat menjadi mimpi buruk-orang lain membuat keuntungan pada wawasan Anda. Individu yang cepat memahami perbedaan antara gaji dan keuntungan, semakin baik. Kepemilikan keuntungan masa depan dapat dijual untuk beberapa laba. Gaji dan upah adalah kompensasi untuk pekerjaan di masa sekarang, dan karenanya bernilai kurang dari keuntungan - yang diproyeksikan ke masa depan. Semua investasi berlangsung di dunia yang tak menentu dengan risiko. Investasi sumber daya untuk membuat bisnis perlu bijaksana seimbang terhadap risiko yang terlibat.
9.Pemasaran.Menempatkan Diri di Sepatu Nasabah
Jika Anda mendengarkan pelanggan Anda dan mengajukan pertanyaan yang jujur, mereka akan memberitahu Anda mereka butuhkan dan inginkan. Orang-orang yang menarik, dan Anda dapat belajar banyak tentang masalah mereka jika Anda menempatkan diri dalam sepatu mereka dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan kemudian terlibat dalam "mendengarkan secara aktif." Dari ini akan datang bisnis wawasan yang dapat membantu Anda menemukan ceruk pasar Anda. Pastikan untuk nama bisnis Anda sederhana dan akurat. Selalu membangun brand Anda melalui produk unggulan, layanan pelanggan, dan komunikasi yang baik. Pemasaran adalah proses menciptakan suatu produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
10.Waktu Manajemen
Sumber daya yang paling penting dari semua adalah waktu. Waktu sangat berharga. Setelah menghabiskan, Anda tidak pernah bisa mendapatkannya kembali. Jangan sia-siakan. Dengan merencanakan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk hari yang akan datang, minggu, bulan, dan tahun, Anda akan jauh lebih mungkin untuk mencapai tujuan Anda dan menjalani kehidupan yang produktif dan positif.
11.Kepemimpinan dan memberikan kembali
Setiap pemimpin bisnis yang besar menyadari masyarakat sekitar mereka dan terlihat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Filantropi merupakan bisnis yang baik, dan jika Anda dikenal sebagai seseorang yang peduli tentang komunitas Anda, semakin banyak orang akan ingin melakukan bisnis dengan Anda.
Winston Churchill mengatakan: "Kami membuat hidup dengan apa yang kita dapatkan, kita membuat kehidupan dengan apa yang kita berikan." Sangat mungkin bahwa setiap orang akan memiliki beberapa masalah untuk memecahkan yang tidak bertanggung jawab dari titik keuntungan murni keuangan pandang. Memecahkan masalah seperti ini menciptakan banyak kesenangan, dan "psikis" Pendapatan membantu membangun komunitas. Perilaku etis dan filantropis akan selalu berakhir membantu karir seseorang dan bisnis.

12.Keuangan Melek: Laporan Keuangan, ROI, dan Breakeven
Melek finansial adalah bagian dari pendidikan kewirausahaan. Sangat penting untuk memahami bahwa memberikan waktu, energi, dan uang untuk bisnis Anda merupakan investasi yang akan membantu Anda untuk memenuhi tujuan Anda. Memanfaatkan alat bunga majemuk dan nilai waktu dari uang sangat diperlukan untuk menciptakan kekayaan. Sangat penting bahwa setiap orang muda belajar catatan dasar menjaga, dan cara membaca laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Return on investment (ROI) dihitung dengan membagi keuntungan dari usaha dengan jumlah investasi. Apa ROI akan harus memandu Anda pada investasi Anda. Dan "impas" adalah penting karena memberitahu Anda apakah Anda mampu rencana pemasaran Anda. Memahami bagaimana menyimpan dan menginvestasikan uang Anda sangat penting untuk menciptakan dan mempertahankan kekayaan.
13.Kepemilikan
Dari usia yang sangat dini, setiap orang harus terkena gagasan memiliki aset. Cara terbaik untuk mengajarkan hal ini adalah untuk membahas konsep terbuka. Tanggung jawab kepemilikan sebagai warga negara yang baik harus dibahas juga.
Tanpa memahami dan menghargai konsep kepemilikan, Anda akan cenderung untuk memahami yang memiliki kekuatan keuangan di masyarakat, dan Anda akan cenderung memiliki output dari apa yang Anda hasilkan. Ini adalah apa yang telah terjawab oleh begitu banyak pemimpin yang membahas pentingnya matematika, membaca, dan menulis-yang memiliki output dari keterampilan orang adalah sama pentingnya dengan kemampuan sendiri. Para pengusaha paling sukses, seperti Madonna dan Russell Simmons, memiliki ekonomi mereka sendiri dari satu unit.
14.Memperpanjang Pilihan Waktu
Mungkin karakteristik yang paling penting dari keberhasilan orang muda adalah kemampuan untuk menunggu untuk kepuasan - untuk menyimpan uang dan rencana ke depan dalam rangka untuk mengontrol waktu mendatang. Selain penetapan tujuan, hal ini dapat diajarkan terbaik dengan pelajaran grosir-to-retail standar. Sebelum Anda pergi ke grosir, menggambar diagram dan berpikir tentang bagaimana acara ini akan berlangsung. Sebagian besar kesuksesan dalam hidup adalah berpikir tentang apa yang harus dilakukan sekarang untuk membuat tujuan Anda menjadi kenyataan di masa depan. Kewirausahaan, dan semua bisnis, adalah tentang ide-ide investasi, uang, dan waktu di masa sekarang untuk mendapatkan manfaat di masa depan. Saya berpendapat bahwa bekerja pada memperpanjang preferensi waktu adalah salah satu keterampilan yang paling penting Anda bisa berkembang.
15.Penjualan Dasar Panggilan
Menyiapkan bahan yang sesuai penjualan sama pentingnya dengan belajar menjadi pendengar yang aktif. Apa masalah yang produk Anda memecahkan? Siapa audiens Anda? Menjawab pertanyaan ini adalah penting. Lihat menjual baik sebagai pembelajaran dan pengajaran. Dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, Anda dapat mendidik pelanggan tentang manfaat produk atau jasa Anda.
Sebuah penjualan panggilan sehari dapat membantu mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan di mana saja di dunia kapan saja. Praktek penjualan Anda panggilan, sehingga Anda berkomunikasi dengan jelas manfaat dari produk Anda. Penjualan yang baik-panggilan prosedur akan memberikan umpan balik pada produk Anda dan membantu terus memperbaikinya.
16.Menetapkan Tujuan
Penentuan tujuan adalah sesuatu yang setiap orang muda harus berlatih setiap minggu. Memiliki tujuan jangka panjang (sepuluh tahun), menengah-panjang (lima tahun), dan jangka pendek (satu tahun), dan langsung (bulan depan) benar-benar penting untuk sukses. Pastikan untuk membuat mereka visual, sehingga Anda melihat mereka. Selalu menetapkan tujuan yang numerik dan terukur, misalnya: Saya ingin memiliki lima pelanggan baru bulan depan atau aku akan kehilangan sepuluh pon April.
17.Public Relations, Media, dan Komunikasi
Strategi komunikasi adalah aset kunci bagi seorang pengusaha muda untuk mengerti. Belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menjadi diliput oleh media sangat berharga. Konsep kunci di sini adalah untuk mempelajari kerajinan pengembangan cerita. Sebuah cerita sangat membantu jika orang dapat memahaminya dan memotivasi mereka untuk membeli produk atau jasa Anda. Sebuah cerita yang baik akan menunjukkan bagaimana produk Anda memiliki efek positif pada seseorang. Ingat, meskipun, itu harus 100% akurat.

18.Kerja sama
Pada akhirnya, semua kesuksesan didasarkan pada kerja sama tim. Belajar untuk memilih orang-orang yang Anda dapat bekerja dengan sukses, melatih mereka, dan memberikan mereka insentif benar-benar penting bagi keberhasilan. Bermain olahraga atau terlibat dalam kegiatan lain yang melibatkan kerja sama tim akan membantu membangun keterampilan ini.
19.Berpikirglobal

Dunia ini jauh lebih kecil sekarang, dan bahkan para pengusaha muda harus berpikir secara global, dengan mempertimbangkan pasar rekening dan pemasok di seluruh dunia. Menjadi hormat dan berpendidikan pada budaya yang berbeda akan sangat penting untuk keberhasilan. Perjalanan bagi kaum muda juga penting, untuk mengembangkan perspektif internasional dan pengetahuan pasar luar negeri.
20.Teknologi
Kekayaan diciptakan melalui konektivitas antar-Internet dan penggunaan teknologi progresif. Tetap up-to-date dengan teknologi untuk menjaga bisnis Anda hidup dan berkembang. Teknologi utama bertumpu pada kemampuan intelektual kewirausahaan dan kepemilikan.
21.Studi Teori Ekonomi dan Sejarah
Pelajari dasar makro-ekonomi, terutama perdagangan-teori siklus. Memulai bisnis selama resesi bisa menjadi keuntungan besar karena biaya tanah, bahan, dan tenaga kerja yang lebih murah. Banyak kegagalan bisnis yang disalahkan pada pengusaha tetapi, dalam kenyataannya, mereka adalah hasil dari perusahaan yang didirikan atau diperluas selama bagian dari siklus booming perdagangan. Lebih baik untuk memulai bisnis ketika sumber daya dan harga yang rendah. Menghemat uang selama booming ekonomi untuk bertahan hidup dan siap untuk mengambil keuntungan terbaik dari peluang yang tersedia ketika orang lain keluar dari bisnis. Ada tiga teori utama dari siklus perdagangan: Monetarist, Austria, dan Keynesian - mempelajari mereka semua.
22.Bersiaplah untuk Kegagalan dan Sukses
Usaha bisnis banyak yang tidak bekerja, sering bukan karena kesalahan pengusaha. Bisnis keberhasilan atau kegagalan tidak akan menjadi refleksi dari diri Anda. Bersiaplah untuk kemunduran dalam setiap usaha yang Anda lakukan. Jadilah mental yang kuat dan positif setiap saat. Rencana kemungkinan menutup bisnis dan belajar dari kemunduran. Dapatkan pengalaman di lapangan sebelum memulai bisnis di dalamnya. Pertumbuhan yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan kesalahan dan kegagalan bisnis.
23.Cara Menulis Rencana Bisnis
Ada pepatah yang berbunyi, "Gagal untuk merencanakan berencana untuk gagal." Banyak orang muda memiliki visi dan impian. Dengan meletakkan visi dan tujuan dalam menulis, peluang Anda untuk sukses akan meningkat. The NFTE Format telah dikembangkan baik untuk pemuda dan dapat ditemukan dalam, Kewirausahaan buku-buku kami: Memiliki Masa Depan Anda (Steve Mariotti dan Tony Towle) dan Kewirausahaan (Steve dan Caroline Mariotti Glackin). Pergi ke www.nfte.com untuk info lebih lanjut.
24.The Golden Rule
Memperlakukan orang lain seperti Anda ingin mereka memperlakukan Anda akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam hidup, baik pribadi dan finansial.










KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS

Posted by lintong nababan
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
1. Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.
2. Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.
Pengertian Organisasi
v  Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).
v  Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
Jenis-jenis Organisasi
Ø Organisasi Profit
ü  Perusahaan Besar
§  Perusahaan manufaktur, Bank Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
ü  Perusahaan Kecil
ü  Koperasi
ü  Perusahaan Multinasional
ü  Dll

Ø Organisasi Non Profit/Nirlaba
ü  Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
ü  Lembaga Pendidikan Negeri
ü  Yayasan Sosial
ü  Dll


Pengertian Manajemen
v  Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
v  Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
v  Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
v  Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
v  Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendali an dan pengawasan.
v  Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Sumber Daya Organisasi
Ø  Sumber Daya Manusia,
Ø  Sumber Daya Informasi,
Ø  Sumber Daya Fisik,
Ø  Sumber Daya Keuangan,
Ø  Sumber Daya Alam,
Ø  Dll.
Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
Efektif :
v  mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat
Efisien :
v  mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat
Fungsi-fungsi Manajemen
Ø  Perencanaan (Planning),
Ø  Pengorganisasian (Organizing),
Ø  Pengarahan dan pengimplementasi an (Directing/Leading),
Ø  Pengawasan dan Pengendalian (Con trolling).
Fungsi Perencanaan
v  Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk meng antisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
ü  Menetapkan tujuan dan target bisnis
ü  Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
ü  Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
ü  Menetapkan standar / indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
v  proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian
ü  Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
ü  Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.
ü  Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
ü  Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
v  Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

Kegiatan dalamFungsi Pengarahan dan Implementasi
ü  Mengimplementasikan proses ke pemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
ü  Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
ü  Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
v  Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalamFungsi Pengawasan dan Pengendalian
ü  Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
ü  Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
ü  Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
ü  Kegiatan dalam Fungsi-fungsi Manajemen
ü  Sumber Daya Organisasi, Tujuan, dan Fungsi-fungsi Manajemen
ü  Perbedaan pandangan dalamFungsi-fungsi Manajemen
Fungsi Operasional dalam Manajemen
ü  Manajemen Sumber Daya Manusia,
ü  Manajemen Pemasaran,
ü  Manajemen Operasi/Produksi,
ü  Manajemen Keuangan,
ü  Manajemen Informasi.
Manajemen Sumber Daya Manusia
v  Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
Manajemen Pemasaran
v  Manajemen Pemasaran adalah kegiat an manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguh nya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Manajemen Produksi
v  Manajemen Produksi adalah penerap an manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pemilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam suatu proses produksi.
Manajemen Keuangan
v  Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
Ø  Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.
Manajemen Informasi
v  Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan s 
24 Konsep Setiap Orang Muda Harus Anda Ketahui Tentang Bisnis
Babson College Definisi kewirausahaan adalah: "Sebuah cara berpikir dan bertindak yang terobsesi kesempatan, holistik dalam pendekatan, dan kepemimpinan yang seimbang."
Untuk menghormati KTT Kewirausahaan Perkotaan yang diadakan di Sekolah Bisnis Rutgers di Newark hari ini, saya ingin menyampaikan pikiran saya tentang apa generasi muda perlu tahu tentang kewirausahaan.
Kutipan di atas dari Babson, perguruan tinggi kewirausahaan atas di negeri ini, memberikan batu loncatan untuk pemikiran penting saya: Setiap individu harus belajar bagaimana untuk memulai, membiayai, dan mengelola usaha kecil. Hal ini akan memberikan jutaan orang keterampilan yang diperlukan untuk bertahan hidup, dalam kasus mereka harus meninggalkan pekerjaan atau tidak dapat menemukan satu. Ini juga akan memungkinkan mereka untuk mengambil keuntungan dari wawasan pasar dan mengubahnya menjadi peluang bisnis. Juga, mereka akan menjadi karyawan yang lebih baik melalui pemahaman bagaimana fungsi bisnis.
Setelah 30 tahun mengajar kewirausahaan sebagai cara untuk mendorong beresiko siswa untuk belajar bagaimana menjadi mandiri secara ekonomi dan tetap bersekolah, saya yakin bahwa ini bekerja pendekatan pengalaman akan membantu berjuang pemuda untuk tetap bersekolah dan belajar keterampilan dasar.
Salah satu penyebab utama kemiskinan adalah kegagalan bisnis, seringkali karena kurangnya keahlian. Belajar dasar-dasar kepemilikan kewirausahaan dan bisnis akan, saya percaya, secara signifikan menurunkan tingkat kemiskinan global. Saya telah bertemu ribuan orang muda yang memiliki dorongan untuk membuat keluarga mereka bangga, membangun komunitas yang baik, pergi ke perguruan tinggi dan kemiskinan keluar melalui kewirausahaan. Belajar bagaimana memulai bisnis harus menjadi bagian dari kurikulum setiap sekolah. Di bawah ini saya telah terdaftar 24 konsep setiap orang muda harus belajar sebelum lulus SMA:

1.Pentingnya Kesehatan Mental dan Fisik
Ini berarti makan dengan benar, tidur cukup, olahraga, membangun ikatan yang kuat dengan teman-teman, keluarga, dan masyarakat, dan, sebisa mungkin, untuk meminimalkan stres! Hubungan yang paling penting yang akan Anda miliki dalam hidup Anda adalah dengan diri sendiri, sehingga memperlakukan diri dengan baik untuk membuat hidup layak.
2.The Joy of Business
Bisnis adalah menyenangkan. Pengusaha mengkoordinasikan sumber daya - lahan, tenaga kerja, modal, dan ide-ide - dan melalui kerajinan kewirausahaan mengatur mereka sedemikian rupa untuk menyediakan produk atau layanan kepada publik pada keuntungan. Jika berada dalam bisnis tidak menyenangkan, ini adalah profesi yang salah untuk Anda.
3.Peluang Pengakuan
Ada dua cara untuk menemukan peluang: metode eksternal, di mana Anda melihat peluang dimana orang lain melihat rintangan dan masalah, dan metode internal. Untuk memasuki ini, membuat daftar hobi Anda, minat, dan keterampilan dalam satu kolom, dan peluang bisnis yang mereka bisa menghasilkan di lain. Setiap kali Anda menghadapi masalah, pikirkan bagaimana hal itu bisa diselesaikan.
4.Ekonomi Satu Unit
Ini adalah landasan dari rencana bisnis. Banyak anak muda bermimpi bagaimana mereka akan membuat jutaan. Sebaliknya, pikirkan bagaimana Anda akan mengembangkan dan menjual satu produk atau satu jam layanan dan membuat keuntungan, segalanya akan membangun dari yang An ekonomi satu unit akan memiliki tiga nomor: harga satu unit, biaya pokok penjualan (yang dikurangi dari harga, meninggalkan "contribution margin" - atau laba kotor). Jumlah ini adalah kunci, karena akan ditambahkan ke biaya tetap per unit. Jumlah yang dihasilkan akan menjadi keuntungan Anda (sebelum pajak).
5.Hukum Penawaran dan Permintaan
Hukum penawaran dan permintaan adalah konsep ekonomi yang paling penting dari semua! Ditemukan oleh Alfred Marshall, Universitas Cambridge don, pada tahun 1890, metode internal: membuat daftar kepentingan hobi dan keterampilan dalam satu kolom, dan dalam daftar lain semua peluang bisnis yang datang dari daftar.
Hukum penawaran dan permintaan berinteraksi untuk menentukan harga, yang menyampaikan informasi kepada pengusaha dan konsumen tentang cara terbaik untuk mengalokasikan sumber daya.
6.Visi, Misi, Strategi, dan Taktik
Cari visi dunia yang ingin Anda buat. Mengembangkan misi yang jelas untuk bisnis Anda. Dapatkan ekonomi Anda dari satu unit akurat dan simple.Write tujuan-tujuan strategis Anda membuat mereka diukur dengan angka dan garis waktu. Strategi Anda dapat menyajikan produk dengan biaya lebih rendah daripada pesaing Anda, memiliki lebih fokus pada pasar konsumen, atau membedakan dalam pasar. Taktik Anda akan menggunakan sumber daya Anda untuk mencapai tujuan strategis Anda.
7.Jangan Bersaing, Buat Keunggulan Kompetitif
Bagaimana Anda akan bersaing? Apa yang akan menjadi ujung bisnis Anda? Bagaimana Anda bisa membuat model bisnis pemenang dengan keuntungan? Seperti Grateful Dead, rahasianya adalah untuk menemukan ceruk di mana Anda dapat belum tentu yang terbaik, tapi satu-satunya. Cari tahu apa yang orang lain lakukan dan kemudian melakukan sesuatu yang berbeda. Keunggulan kompetitif Anda dapat didasarkan pada keahlian yang unik, keunggulan intelektual, atau dengan menjual pada waktu yang tidak biasa atau lokasi. Alternatif untuk keunikan adalah menjadi biasa, dan menjual produk yang sama dengan harga yang sama seperti orang lain, membuat keuntungan minimal jika ada sama sekali.

8.Wealth Creation, Risiko, dan Ketidakpastian
Sebagian besar kekayaan diciptakan melalui peluang bisnis yang dikombinasikan dengan kepemilikan. Dalam upaya kewirausahaan, kekayaan diciptakan dengan membangun sebuah bisnis yang memiliki keuntungan dan dapat dijual untuk beberapa laba. Kedua kekayaan mental dan moneter adalah hasil akhir dari karir kewirausahaan yang sukses. Menjadi seorang pengusaha tanpa kepemilikan dapat menjadi mimpi buruk-orang lain membuat keuntungan pada wawasan Anda. Individu yang cepat memahami perbedaan antara gaji dan keuntungan, semakin baik. Kepemilikan keuntungan masa depan dapat dijual untuk beberapa laba. Gaji dan upah adalah kompensasi untuk pekerjaan di masa sekarang, dan karenanya bernilai kurang dari keuntungan - yang diproyeksikan ke masa depan. Semua investasi berlangsung di dunia yang tak menentu dengan risiko. Investasi sumber daya untuk membuat bisnis perlu bijaksana seimbang terhadap risiko yang terlibat.
9.Pemasaran.Menempatkan Diri di Sepatu Nasabah
Jika Anda mendengarkan pelanggan Anda dan mengajukan pertanyaan yang jujur, mereka akan memberitahu Anda mereka butuhkan dan inginkan. Orang-orang yang menarik, dan Anda dapat belajar banyak tentang masalah mereka jika Anda menempatkan diri dalam sepatu mereka dengan mengajukan pertanyaan yang tepat dan kemudian terlibat dalam "mendengarkan secara aktif." Dari ini akan datang bisnis wawasan yang dapat membantu Anda menemukan ceruk pasar Anda. Pastikan untuk nama bisnis Anda sederhana dan akurat. Selalu membangun brand Anda melalui produk unggulan, layanan pelanggan, dan komunikasi yang baik. Pemasaran adalah proses menciptakan suatu produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen secara menguntungkan.
10.Waktu Manajemen
Sumber daya yang paling penting dari semua adalah waktu. Waktu sangat berharga. Setelah menghabiskan, Anda tidak pernah bisa mendapatkannya kembali. Jangan sia-siakan. Dengan merencanakan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda untuk hari yang akan datang, minggu, bulan, dan tahun, Anda akan jauh lebih mungkin untuk mencapai tujuan Anda dan menjalani kehidupan yang produktif dan positif.
11.Kepemimpinan dan memberikan kembali
Setiap pemimpin bisnis yang besar menyadari masyarakat sekitar mereka dan terlihat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Filantropi merupakan bisnis yang baik, dan jika Anda dikenal sebagai seseorang yang peduli tentang komunitas Anda, semakin banyak orang akan ingin melakukan bisnis dengan Anda.
Winston Churchill mengatakan: "Kami membuat hidup dengan apa yang kita dapatkan, kita membuat kehidupan dengan apa yang kita berikan." Sangat mungkin bahwa setiap orang akan memiliki beberapa masalah untuk memecahkan yang tidak bertanggung jawab dari titik keuntungan murni keuangan pandang. Memecahkan masalah seperti ini menciptakan banyak kesenangan, dan "psikis" Pendapatan membantu membangun komunitas. Perilaku etis dan filantropis akan selalu berakhir membantu karir seseorang dan bisnis.

12.Keuangan Melek: Laporan Keuangan, ROI, dan Breakeven
Melek finansial adalah bagian dari pendidikan kewirausahaan. Sangat penting untuk memahami bahwa memberikan waktu, energi, dan uang untuk bisnis Anda merupakan investasi yang akan membantu Anda untuk memenuhi tujuan Anda. Memanfaatkan alat bunga majemuk dan nilai waktu dari uang sangat diperlukan untuk menciptakan kekayaan. Sangat penting bahwa setiap orang muda belajar catatan dasar menjaga, dan cara membaca laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas. Return on investment (ROI) dihitung dengan membagi keuntungan dari usaha dengan jumlah investasi. Apa ROI akan harus memandu Anda pada investasi Anda. Dan "impas" adalah penting karena memberitahu Anda apakah Anda mampu rencana pemasaran Anda. Memahami bagaimana menyimpan dan menginvestasikan uang Anda sangat penting untuk menciptakan dan mempertahankan kekayaan.
13.Kepemilikan
Dari usia yang sangat dini, setiap orang harus terkena gagasan memiliki aset. Cara terbaik untuk mengajarkan hal ini adalah untuk membahas konsep terbuka. Tanggung jawab kepemilikan sebagai warga negara yang baik harus dibahas juga.
Tanpa memahami dan menghargai konsep kepemilikan, Anda akan cenderung untuk memahami yang memiliki kekuatan keuangan di masyarakat, dan Anda akan cenderung memiliki output dari apa yang Anda hasilkan. Ini adalah apa yang telah terjawab oleh begitu banyak pemimpin yang membahas pentingnya matematika, membaca, dan menulis-yang memiliki output dari keterampilan orang adalah sama pentingnya dengan kemampuan sendiri. Para pengusaha paling sukses, seperti Madonna dan Russell Simmons, memiliki ekonomi mereka sendiri dari satu unit.
14.Memperpanjang Pilihan Waktu
Mungkin karakteristik yang paling penting dari keberhasilan orang muda adalah kemampuan untuk menunggu untuk kepuasan - untuk menyimpan uang dan rencana ke depan dalam rangka untuk mengontrol waktu mendatang. Selain penetapan tujuan, hal ini dapat diajarkan terbaik dengan pelajaran grosir-to-retail standar. Sebelum Anda pergi ke grosir, menggambar diagram dan berpikir tentang bagaimana acara ini akan berlangsung. Sebagian besar kesuksesan dalam hidup adalah berpikir tentang apa yang harus dilakukan sekarang untuk membuat tujuan Anda menjadi kenyataan di masa depan. Kewirausahaan, dan semua bisnis, adalah tentang ide-ide investasi, uang, dan waktu di masa sekarang untuk mendapatkan manfaat di masa depan. Saya berpendapat bahwa bekerja pada memperpanjang preferensi waktu adalah salah satu keterampilan yang paling penting Anda bisa berkembang.
15.Penjualan Dasar Panggilan
Menyiapkan bahan yang sesuai penjualan sama pentingnya dengan belajar menjadi pendengar yang aktif. Apa masalah yang produk Anda memecahkan? Siapa audiens Anda? Menjawab pertanyaan ini adalah penting. Lihat menjual baik sebagai pembelajaran dan pengajaran. Dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, Anda dapat mendidik pelanggan tentang manfaat produk atau jasa Anda.
Sebuah penjualan panggilan sehari dapat membantu mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan di mana saja di dunia kapan saja. Praktek penjualan Anda panggilan, sehingga Anda berkomunikasi dengan jelas manfaat dari produk Anda. Penjualan yang baik-panggilan prosedur akan memberikan umpan balik pada produk Anda dan membantu terus memperbaikinya.
16.Menetapkan Tujuan
Penentuan tujuan adalah sesuatu yang setiap orang muda harus berlatih setiap minggu. Memiliki tujuan jangka panjang (sepuluh tahun), menengah-panjang (lima tahun), dan jangka pendek (satu tahun), dan langsung (bulan depan) benar-benar penting untuk sukses. Pastikan untuk membuat mereka visual, sehingga Anda melihat mereka. Selalu menetapkan tujuan yang numerik dan terukur, misalnya: Saya ingin memiliki lima pelanggan baru bulan depan atau aku akan kehilangan sepuluh pon April.
17.Public Relations, Media, dan Komunikasi
Strategi komunikasi adalah aset kunci bagi seorang pengusaha muda untuk mengerti. Belajar untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menjadi diliput oleh media sangat berharga. Konsep kunci di sini adalah untuk mempelajari kerajinan pengembangan cerita. Sebuah cerita sangat membantu jika orang dapat memahaminya dan memotivasi mereka untuk membeli produk atau jasa Anda. Sebuah cerita yang baik akan menunjukkan bagaimana produk Anda memiliki efek positif pada seseorang. Ingat, meskipun, itu harus 100% akurat.

18.Kerja sama
Pada akhirnya, semua kesuksesan didasarkan pada kerja sama tim. Belajar untuk memilih orang-orang yang Anda dapat bekerja dengan sukses, melatih mereka, dan memberikan mereka insentif benar-benar penting bagi keberhasilan. Bermain olahraga atau terlibat dalam kegiatan lain yang melibatkan kerja sama tim akan membantu membangun keterampilan ini.
19.Berpikirglobal

Dunia ini jauh lebih kecil sekarang, dan bahkan para pengusaha muda harus berpikir secara global, dengan mempertimbangkan pasar rekening dan pemasok di seluruh dunia. Menjadi hormat dan berpendidikan pada budaya yang berbeda akan sangat penting untuk keberhasilan. Perjalanan bagi kaum muda juga penting, untuk mengembangkan perspektif internasional dan pengetahuan pasar luar negeri.
20.Teknologi
Kekayaan diciptakan melalui konektivitas antar-Internet dan penggunaan teknologi progresif. Tetap up-to-date dengan teknologi untuk menjaga bisnis Anda hidup dan berkembang. Teknologi utama bertumpu pada kemampuan intelektual kewirausahaan dan kepemilikan.
21.Studi Teori Ekonomi dan Sejarah
Pelajari dasar makro-ekonomi, terutama perdagangan-teori siklus. Memulai bisnis selama resesi bisa menjadi keuntungan besar karena biaya tanah, bahan, dan tenaga kerja yang lebih murah. Banyak kegagalan bisnis yang disalahkan pada pengusaha tetapi, dalam kenyataannya, mereka adalah hasil dari perusahaan yang didirikan atau diperluas selama bagian dari siklus booming perdagangan. Lebih baik untuk memulai bisnis ketika sumber daya dan harga yang rendah. Menghemat uang selama booming ekonomi untuk bertahan hidup dan siap untuk mengambil keuntungan terbaik dari peluang yang tersedia ketika orang lain keluar dari bisnis. Ada tiga teori utama dari siklus perdagangan: Monetarist, Austria, dan Keynesian - mempelajari mereka semua.
22.Bersiaplah untuk Kegagalan dan Sukses
Usaha bisnis banyak yang tidak bekerja, sering bukan karena kesalahan pengusaha. Bisnis keberhasilan atau kegagalan tidak akan menjadi refleksi dari diri Anda. Bersiaplah untuk kemunduran dalam setiap usaha yang Anda lakukan. Jadilah mental yang kuat dan positif setiap saat. Rencana kemungkinan menutup bisnis dan belajar dari kemunduran. Dapatkan pengalaman di lapangan sebelum memulai bisnis di dalamnya. Pertumbuhan yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan kesalahan dan kegagalan bisnis.
23.Cara Menulis Rencana Bisnis
Ada pepatah yang berbunyi, "Gagal untuk merencanakan berencana untuk gagal." Banyak orang muda memiliki visi dan impian. Dengan meletakkan visi dan tujuan dalam menulis, peluang Anda untuk sukses akan meningkat. The NFTE Format telah dikembangkan baik untuk pemuda dan dapat ditemukan dalam, Kewirausahaan buku-buku kami: Memiliki Masa Depan Anda (Steve Mariotti dan Tony Towle) dan Kewirausahaan (Steve dan Caroline Mariotti Glackin). Pergi ke www.nfte.com untuk info lebih lanjut.
24.The Golden Rule
Memperlakukan orang lain seperti Anda ingin mereka memperlakukan Anda akan membantu Anda mencapai kesuksesan dalam hidup, baik pribadi dan finansial.










KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS

Posted by lintong nababan
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
1. Mengetahui konsep dasar manajemen dan mengapa manajemen diperlukan dalam sebuah organisasi bisnis.
2. Mengetahui konsep manajemen secara fungsional yang mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, serta pengendalian dan pengawasan.
3. Mengetahui konsep manajemen secara operasional dalam organisasi bisnis yang mencakup manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi atau operasi,manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan.
Pengertian Organisasi
v  Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002).
v  Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005).
Jenis-jenis Organisasi
Ø Organisasi Profit
ü  Perusahaan Besar
§  Perusahaan manufaktur, Bank Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
ü  Perusahaan Kecil
ü  Koperasi
ü  Perusahaan Multinasional
ü  Dll

Ø Organisasi Non Profit/Nirlaba
ü  Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
ü  Lembaga Pendidikan Negeri
ü  Yayasan Sosial
ü  Dll


Pengertian Manajemen
v  Seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Follet,1997)
v  Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and McHugh ,1997)
v  Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie&Kurniawan, 2005)
Faktor-faktor dalam Pencapaian Tujuan
v  Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)
v  Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendali an dan pengawasan.
v  Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.
Sumber Daya Organisasi
Ø  Sumber Daya Manusia,
Ø  Sumber Daya Informasi,
Ø  Sumber Daya Fisik,
Ø  Sumber Daya Keuangan,
Ø  Sumber Daya Alam,
Ø  Dll.
Pengertian Efektif dan Efisien (Drucker)
Efektif :
v  mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat
Efisien :
v  mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat
Fungsi-fungsi Manajemen
Ø  Perencanaan (Planning),
Ø  Pengorganisasian (Organizing),
Ø  Pengarahan dan pengimplementasi an (Directing/Leading),
Ø  Pengawasan dan Pengendalian (Con trolling).
Fungsi Perencanaan
v  Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk meng antisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan
ü  Menetapkan tujuan dan target bisnis
ü  Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut.
ü  Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
ü  Menetapkan standar / indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.
Fungsi Pengorganisasian
v  proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian
ü  Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan.
ü  Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab.
ü  Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia/tenaga kerja.
ü  Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat.
Fungsi Pengarahan dan Implementasi
v  Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.

Kegiatan dalamFungsi Pengarahan dan Implementasi
ü  Mengimplementasikan proses ke pemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan.
ü  Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan.
ü  Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan
Fungsi Pengawasan dan Pengendalian
v  Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalamFungsi Pengawasan dan Pengendalian
ü  Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan.
ü  Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan.
ü  Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis
ü  Kegiatan dalam Fungsi-fungsi Manajemen
ü  Sumber Daya Organisasi, Tujuan, dan Fungsi-fungsi Manajemen
ü  Perbedaan pandangan dalamFungsi-fungsi Manajemen
Fungsi Operasional dalam Manajemen
ü  Manajemen Sumber Daya Manusia,
ü  Manajemen Pemasaran,
ü  Manajemen Operasi/Produksi,
ü  Manajemen Keuangan,
ü  Manajemen Informasi.
Manajemen Sumber Daya Manusia
v  Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
Manajemen Pemasaran
v  Manajemen Pemasaran adalah kegiat an manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguh nya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
Manajemen Produksi
v  Manajemen Produksi adalah penerap an manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pemilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam suatu proses produksi.
Manajemen Keuangan
v  Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.
Ø  Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.
Manajemen Informasi
v  Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat .
 eluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat .


0 komentar:

Posting Komentar

 

Saleha's blogger © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor